6 Macam Cara Mengobati Pasien Endoftalmitis Patut Dicoba

 

Apakah anda mengenal istilah endoftalmitis? Penyakit ini merupakan jenis peradangan akibat infeksi bakteri dan jamur yang ada di jaringan di dalam mata, tepatnya di bagian aqueous humor dan vitreous. Perlu anda ketahui bahwa aqueous humor ialah cairan bening yang bertugas untuk melapisi depan mata. Adapun gel bening yang terletak pada lapisan bola mata di bagian tengah, yaitu di lensa mata bagian bekang disebut vitreous. Selain bakteri dan jamur, peradangan juga terjadi akibat tindakan pembedahan dan adanya luka yang menembus bola mata. Menurut hellosehat.com, penyakit ini dialami oleh 2 –15% dari seluruh pasien endoftalmitis namun anda tetap harus waspada karena tergolong darurat dan berbahaya. Salah satunya dengan mengetahui cara mengobati endoftalmitis berdasarkan faktor penyebabnya, seperti di bawah ini.

  1. Sikloplegik

Obat ini diberikan jika penderita mengalami nyeri yang berlebihan. Sehingga harapannya setelah mengonsumsi obat ini dapat mengurangi nyeri yang dirasakan dan aliran darah pada arteri mata mampu stabil seperti semula. Alhasil jaringan mata mampu melepaskan dan mencegah sineksia sehingga mampu menenangkan keadaan iris mata dan infeksinya segera sembuh.

  1. Antibiotik
READ  Penasaran! Perhatikan 10 Hal Yang Menjadi Penyebab Ensefalopati

Apabila sakit mata anda terjadi akibat bakteri yang mengakibatkan infeksi, maka pilihlah obat antibiotik. Obat ini dipercaya sebagai langkah paling efesien untuk pemulihan. Obat antibiotik yang digunakan dapat beragam, bisa berbentuk pel oral, tetes mata, suntikan, ataupun melalui intra vena. Bentuk obat yang dianggap paling manjur ialah dengan menyuntikkan langsung ke mata karena akan mengenai titik luka secara langsung. Namun, perlu anda garis bawahi jika macam pengobatan ini hanya dapat dilakukan oleh dokter ahli sebab risikonya berdampak fatal jika terdapat kesalahan. Perlu anda ketahui bahwa jenis bakteri yang dapat menyebabkan peradangan antara lain, bakteri garam negatif, Streptococcus, Staphylococcus aureus, dan Staphylococcus epidermis.

  1. Anti Jamur

Cara mengobati endoftalmitis yang disebabkan oleh adanya infeksi jamur ialah dengan mengonsumsi senyawa atau obat anti jamur khusus mata. Contohnya fluconazol dan amphoterichin B. Penggunaan obat ampgoterichin B ialah dengan menyuntikkan cairan tersebut secara langsung ke dalam mata. Adapun Fluconazol merupakan obat berjenis oral alias dapat diminum secara langsung. Sekedar informasi bahwa jamur yang menyerang diantaranya Aspergillus, Aktinomises, Candida, Fitomikosis, dan sebagainya. Pada beberapa kasus, peradangan pada mata juga disebabkan oleh infeksi protozoa (Toxoplasma dan Toxocara) atau virus (Herpes zoster dan Herpes simplex).

  1. Konsumsi Dexamethason

Pemberian obat ini dilakukan secara intra vitral yang harus disesuaikan dengan kesehatan pasien untuk dosis pemakaiannya. Biasanya dosis yang digunakan sebanyak 400ug. Dosis 1 mg secara intraokular khusus dikonsumsi bagi pasien dengan kondisi yang memungkinkan untuk penggunaan dexamethason ini.

  1. Pembedahan Vitrectomy Pars Plan

Berdasarkan sumber doktersehat.com, apabila kondisi kesehatan anda semakin memburuk akibat endoftalmitis yang mana infeksinya sudah semakin tersebar ke semua bagian organ mata maka perlu melakukan operasi vitrectomy. Adanya pembedahan ini dilakukan untuk pengambilan nanah, cairan, ataupun kotoran lainnya yang sudah menumpuk di bagian belakang bola mata. Selain itu, mampu mengontrol pergerakan organisme agar tidak mudah menyebar, mengurangi adanya membran siklitik, dan meningkatkan kinerja antibiotik pada jaringan bola mata.

  1. Terapi
READ  Cara Mencegah Batu Ginjal yang Wajib Kamu Ketahui

Apabila anda ingin mengurangi atau meredakan gejala endoftalmitis, biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan terapi steroid untuk endoftalmitis. Dikutip dari laman halosehat.com, cara mengobati endoftalmitis dengan terapi ini bertujuan untuk mengurangi pembengkakan, infeksi, dan peradangan yang terjadi di bagian jaringan bola mata yang lebih dalam lagi.

Oleh karena itu, sesuai dengan laman klikdokter.com, jika anda mengalami gejala endoftalmitis, seperti nyeri mata, kelopak mata memerah, kornea mata terlihat keruh, mudah silau terhadap cahaya, mudah sakit kepala, mata sulit membuka dan ketika dipaksakan akan merasa sakit, dan bola mata berwarna kemerahan segeralah melakukan pemeriksaan ke dokter. Sebab apabila tidak segera diatasi maka akan menyebabkan kasus yang lebih parah. Buruknya akan menimbulkan kebutaan permanen hingga kehilangan bola mata.

READ  Bagaimana cara menghitung kalori dalam tubuh kita. Yuk simak

 

sumber gambar: hellosehat.com