Cara Mencegah Batu Ginjal yang Wajib Kamu Ketahui

Tahukah Kamu, ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang mempunyai fungsi sangat penting. Oleh krarena itu, menjaga ginjal merupakan hal yang wajib untuk Kamu lakukan. Di luar sana, banyak orang yang sudah pernah mengalami penyakit batu ginjal secara berulang bisa mengalaminya lagi. Apabila hal itu telah terjadi tentunya diperlukan penanganan yang khusus agar bisa mengatasi hal tersebut, misalnya harus melakukan pembedahan. Tentu ketika ada yang bertanya lebih memilih mencegah atau mengobati, semua orang pasti akan memilih untuk mencegah dibandingkan mengobati. Saat ini, Kamu juga pasti sudah mengetahui betapa sangat bahayanya jika ginjal yang ada di tubuh tidak sehat. Selain mengganggu segala aktifitas sehari-hari, ginjal yang tidak sehat juga bisa menyebabkan sakit yang luar biasa bagi si pengidap. Akan tetapi, banyak orang yang belum tahu bagaimana cara pencegahannya. Bagi kamu yang belum mengetahui tentang hal tersebut, jangan bingung dan khawatir ya. Nah oleh karena itu, Kami akan memberitahu, cara mencegah batu ginjal yang wajib Kamu ketahui.

READ  Metode Diagnosis dan Cara Mengobati Empiema untuk Atasi Gejalanya

Bagaimana Sih Cara Mencegah Batu Ginjal itu?

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Cara yang pertama yaitu Kamu harus bisa mencukupi asupan air putih setiap harinya. Meminum air putih minimal sehari 8 gelas karena air putih dapat mengurangi resiko penyakit batu ginjal loh. Apabila Kamu kekurangan air putih tentunya bisa mengalami dehidrasi, hal itu bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya penyakit batu ginjal. Usahakan agar Kamu meminum air putih minimal 8 gelas setiap harinya.

  1. Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi

Kamu dapat mengkonsumsi makanan yang Kaya akan kalsium. Jenis-jenis makanan yang berkalsium tinggi dapat mencegah terjadinya resiko terkene penyakit batu ginjal. Ada banyak makanan yang mempunyai kandungan kalsium tinggi misalnya ikan salmon, sayuran hijau (brokoli, bayam) serta ikan sarden.

  1. Menjaga Berat Badan supaya Ideal

Yang ketiga, berat badan Kamu harus selalu dijaga agar ideal. Karena berat badan yang berlebihan atau obesitas bisa menjadi salah satu penyebab batu ginjal. Untuk itu, menjaga berat badan supaya tetap ideal menjadi hal yang wajib untuk Kamu lakukan. pH urine oaring yang obesitas lebih cenderung asam sehingga bisa beresiko terkena batu ginjal.

  1. Mengurangi Asupan Natrium (Garam)
READ  Gejala, Diagnosis, dan Metode Pengobatan Berdasarkan Penyebab Endoftalmitis

Tahukah Kamu bahwa mengkonsumsi Natrium (garam) yang berlebihan bisa memicu batu ginjal. Mengapa bisa demikian? Karena bisa menyebabkan jumlah kalsium pada urin semakin meningkat.

Kita bisa membayangkan jika apa yang dikonsumsi setiap hari mengandung garam, pasti jumlah garam yang ditimbun di dalam tubuh begitu banyak bukan? Padahal setiap harinya jumlah asupan garam dianjurkan hanya sebesar 6 gram.

Dilansir dari halaman Alodokter, jumlah garam sebesar 6 gram tersebut direkomendasikan bagi anak yang berusia 11 tahun sampai orang dewasa. Itu berarti semakin kecil umur anak, jumlah garam yang dikonsumsi juga harus sedikit. Selain itu, saus atau bumbu seperti saus salad, kecap, mostar, dan sebagainya juga banyak mengandung natrium.

  1. Membatasi Makanan yang Mengandung Protein Hewani
READ  6 Macam Cara Mengobati Pasien Endoftalmitis Patut Dicoba

Yang terakhir, cara mencegah batu ginjal yang wajib Kamu ketahui yaitu membatasi makanan yang mengandung protein hewani. Protein yang ada pada daging babi, unggas, dan sejumlah jenis ikan mempunyai sifat asam. Hal itu bisa menjadi penyebab batu ginjal terbentuk kemudian hari.

Ginjal menjadi salah satu organ vital yang harus selalu dijaga. Organ tersebut mempunyai fungsi untuk membuang racun yang ada di dalam tubuh dan juga menyaring darah. Sangat pentingnya organ ginjal bagi tubuh, wajib bagi Kita untuk selalu menjaga kesehatan agar ginjal Kita tetap sehat. Untuk itu, agar dapat mencegah penyakit tersebut, Kamu wajib mengetahui cara mencegah batu ginjal yang sudah di sebutkan diatas dan bisa segera mempraktekkannya. Mari cintai ginjal Kita agar tidak menyesal dikemudia hari.

 

Sumber: Hellosehat.com